MengenalJenisTaliKapalDanFungsinya

 MengenalJenisTaliKapalDanFungsinya 







Mengenal jenis tali kapal Dan fungsinya akan kami informasikan kepada Anda terutama andayangakanbelitalikapalnamunbingungmenentukantaliyangtepatuntukkebutuhan anda.Kamiakanbantuandauntuktemukantalikapalyangtepat.Berikutadalahkegunaan atau fungsi dari talikapal yaitu :



Lashin, atau mengikat, juga untuk layar Mooring, atau menambat

Towing, atau menarik Jala-jala/net

Tanggapilot/ladderpilot Dan lainsebagainya.

Semua tali kapal yang Kami sediakan yaitu tali kapal berkualitas yang sudah bersertifikat, Jadiamanuntukdigunakanpadakapalsesuaidenganfungsinya.TalikapalditempatKami tersedia dengan berbagai macam ukuran yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.



Jenis-jenis tali kapal yang Kami sediakan adalah :



Tali Nylon

Talynylonadalahtaliyangberasaldariseratnylonyangmemilikibanyakkelebihan.Secara fisik tali nylon sama dengan PP Multifilament, tetapi warnanya lebih kekuningan. Sifat seratnyayanghalus,dapatmenyerapair,kuat,tahanterhadapgesekan,elastis,tahanlama danmasihbanyaklagisifatlainnya.Karenaharganyayangmahal,jadidiIndonesiajenistali kapalnyloninidipakaihanyauntuktowingdanmooringsaja.



Tali PP Monofilament

JenisTaliPPMonofilamentadalahtaliyangberasaldariseratpolypropylene.Taliinimemiliki tampilanberwarnaputihberpenandabirudengansifattaliyangkakudanjugaringan.


Karena mengambang dipermukaan air, dan tidak menyerap air, serta tahan terhadap minyakdanoli.Jenistalikapaliniidealuntukmenarik,menambat,danlashingdiataskapal.



Tali PP Multifilament

Sama seperti tali PP Monofilament, tali PP Multifilament juga berasal dari serat polypropylene. Tetapi tali kapal jenis ini sudah melewati proses lebih lanjut, sehingga sifat serat menjadi halus, lentur dan lebih tahan hentakan. Di Indonesia tali kapal jenis ini kebanyakanberwarnaputihpolosdanberkilat.Taliinijugaidealuntukmenarik,menambat, danlashing.



Tali Manila

Talimanilaadalahtaliyangberasaldariseratpohonabaca.Talikapaljenisinimerupakantali dengan serat alami yang memiliki tampilan kasar, serat tebal, dan jika ditaruh di air akan tenggelam. Sifat seratnya mengencang jika terkena matahari, sehingga sangat baik jika digunakan untuk membuat tangga kapal. Tali manila selain dipakai di laut sebagai tangga kapal, banyak juga digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk olahraga dan juga dekorasi.



Tali Polyester

Jenistalikapaliniadalahjenistaliyangpalingtahanpanas.Sifatseratnyamenyerapair,dan tenggelam.Polyestersangatbaikdipakaiuntuktowingdanmooringjugakarenatalijenisini tahan terhadap gesekan. Di Indonesia, jenis tali kapal ini biasanya dikombinasikan dengan seratPPMonofilament,yanghasilnyadisebutmixrope.




BAB ITALI DAN PEMAKAIANNYA DI KAPAL

Padazamankapallayardahulu,talitemaliadalahdasarpengetahuanyangharusdiketahui olehtiap-tiapanakbuahkapallayarkarenabanyakberhubungandengankeselamatankapal dan keselamatanjiwanyasendiri.Hal ini disebabkan karena dengan ikatan yang sederhana saja dan cepat para pelaut dapat mengikatmaupun melepaskan suatu ikatan dimana bila pengetahuaninitidakdiketahuiakanadakemacetandalamikatantalimenalisehinggauntuk kapal layar dapat terjadi bahaya dalam olah geraknya.Juga untuk naik turun ke tiang layar diperlukantangga-tanggadaritalisertauntukmengikatdirinyasendiripadatianglayar


bilamana sedangbekerjadiperlukanpengetahuan tentang tali menali. Lamakelamaan pengetahuantali menali berkembang sehingga terjadi tali-tali hiasan maupun simpul- simpul.Jenis-jenistaliyangterdapatdikapal:1.Manila2.Nylon3.Sisal4.Coiratauserabut kelapa5.Hempatauhennep6.Jute7.Flax8.Cotton9.Polyester10.Polypropylene11.

Polythene12. Terylene Tali Manila :

Tali manila atau abaca atau musa textilis adalah tali yang terbaik untuk dikapal sehari-hari dalam kapaldan terbuat dari serat abaca dari tanaman termasuk kelompok pisang dan banyak terdapat di Pilipina.Sebagai tali ia licin, mengkilap,kuat, lentur, tahan lama dan mudahdigunakanselaintahanterhadapairlaut.Talimaniladapatmerengganglebihkurang 25%daripanjangnya.Talimaniladengankeliling6inciataudiameter2incimempunyaidaya tahan 16ton

Tali Nylon:

Tali nylon adalah yang terkuat namun juga yang termahal dari tali-tali yang dipergunakandiatas kapal.Telah terbukti bahwa tali nylon 6,5" sama kekuatannya dengan tali manila 10" dan lebih tahan 15 kalidaripada tali manila dalam keadaan yang sama pemakaiannya.Harganya lebih mahal 5xdari tali manila.Dapat merenggang 10% dari panjangnya.Nylontermasukdalamkelompokseratsintetis.Talinylonmempunyaisifatlicin, enteng dan tahan terhadap gesekan. Juga tahan terhadap air lautnamun tidak tahan terhadap asam-asam kimia semacam acid dan alkali.Karena licinnyamaka bila membuat matadaritalinylondiperlukanmasukdalamuntai-untainyapalingsedikit4xbahkanlebihbaik 6x. Tali nylon banyak dipakaijuga sebagai buntut atau ujung tros dari kawatuntuk menyandarkankapal karena lebih enteng dan tahan terhadap tegangan. Biasanya ujung inipanjangnya 6 fathom atau 6 x 1,83 meter. Ukuran standar dari tali dalam perdagangan adalah fathom.Untuk panjang tali di Inggris adalah 120 fathom sedangkan di Amerikamempunyai ukuran panjang 200fathom. Di negara-negara Eropa maupun Asia dimana berlaku sistem metrik panjang tali dalamperdagangan adalah 220 meter. Namun harapdiingatbahwa220meteradalahsamapanjangdengan120fathon.

Tali Sisal:

Tali sisal atau agave sisalana terbuat dari serat-serat daun Aloe yang termasuk dalam kelompok keluargananas. Banyak terdapat di Jawa dan Afrika Timur.Termasuk juga tali yangkuatdankekuatandaritalisisalyangbaikhampirsamakekuatannyadengantalimanila yangkwalitetsedang.Warnanyaputihbersihnamuntidaklicin.Bilamanasudahbeberapakali dipakai akan keluar serat-serat serabutnya sehingga mengganggubilamana dipegang dengantanganterbuka.Bilaterkenaairlebihmenggelembungdaripadatalimanila.

Kekuatantalisisalyangmempunyaikeliling6inciadalahantara9s/d13ton.Biladapat memilihmakauntukkapallebihbaikmempergunakantalimanila.


Coir atau tali serabut kelapa:

Terbuat dari serat-serat serabut kelapa dan benangnya diimpor dari India dan Sri Langka.Serat-serat tersebut sebelumnya direndam dalam air untuk waktu yang lama baru kemudian dibuatbenang oleh penduduk dan benangnya kemudian di ekspor.Tali serabut kelapa sangat lentur, berwarna merah dan sangat mudah mengapung.Terutama dipakai sebagai tali gandeng di pelabuhan dan ukurannya bervariasi antara 16 s/d 22 incidalam kelilingnya.Biasanyaberputarairatauberputarkabelyaitutaliyangterdiridaritigauntaitapi tiap-tiap untai terdiridari untaiantiga kali. Secara umum beratnya setengahdari tali manila dan kekuatannyahanya seper-enam dari kekuatan tali manila yang sama ukurannya.Mempunyai daya lentur antara 60 s/d 100% dari panjangnya.Juga ada tali serabutkelapayangterdiridaritigauntaibiasadandayalenturnyahanya45%.Biarpuntali serabut kelapa mudah mengapung namun harus dijaga jangan sampai terlalu banyakmeresap air karena dapat tenggelam karenanya. Terutama di perairan yang berkaranghal ini harusdiperhatikan. Tali ini akan mudah menjadi busuk kalau disimpan dalam keadaanbasah

Talihemp:

HempyangbernamalatinCannabiaSatiraberasaldariNewZealanddanStHelena.Karena dari daerah-daerah ini kwalitasnyakurang baik dipakai untuk inti atau jiwa dari kawat-kawat baja.Namun hemp yang berasaldari Italia berkualitas baik dan karenanya dipakai untuk tali- tali.Termasuktaliyangkuatdankekuatannyamelebihitalimanilayangterbaiksebanyak20% (11/5kali).Tidakmenggelembungbilamanabasahtetapikarenamahalmakapemakaiannya di kapal telahdilampaui oleh tali manila.Dipakaiuntuk tali yang melalui blok-blok karena lemasnya.

Tali jute:

NamalatincorchorusdanberasaldariIndiadandipakaiuntukbahanpembuatkarunggoni dan jugasebagai inti dari kawat-kawat baja.Untuk kawat-kawat bajalebih banyak dipakai hemp karena lebih kuat darijute.

Flax:

Dipakai untuk benang-benang layar dan terpal. Juga dipakai untuk benang-benang jahit karena tahangesekan. Nama latin linum usitatissum.

Tali cotton :

Bahandaritalicottonataugossypiumataukapasseringdipakaiuntuktalibenderamaupun untukpegangan tali tangga di gangway-gangwaykapal.

Tali polyester, polyproylene, polythene :


Tali-tali ini terbuat dari serat buatan. Untuk polythene dan polypropylene mempunyai keuntunganbahwa dapat mengambang di air. Ke tiga-tiganyatidak sekuat tali nylon.Untuk tali polythenekekuatannya sebagai tali adalah antara tali manila dan nylon.

Karenamempunyaidaya serap yang kecil maka mudah mengambang.Sebagai tali sintetis adalah yang paling tepat sebagai pengganti tali serabut kelapa.Titik cair adalah 135°Celsius dan tali itu akan mengkerut pada suhu yang lebih rengah.Pada suhu 60° C akan berkerut sebesar 4% dan pada suhu 100° C akan berkerut sebesar 14%.Tidak terganggu bilamana terkena bahan kimia industri dan bakteri dan tahan terhadap cahaya mataharidan gesekan- gesekan.Lebih kuat 7 X daripada tali serat sabut kelapa.Sebuah tali polythene dengan keliling 6 inci dan berat 262,50 kg per satu coil atau gulungan tali dari 220meter mempunyai kekuatan daya putus sebesar 20 ton.

Tali Terylene:

Tali terylene seperti tali nylon sering dipakai sebagai ujung-ujung dari kawat-kawat gandengan di kapal.Juga seperti nylon dan tali-tali sintetis lainnya tahan gesekan. Bila sebelahluardaritalisintetislukaterkenagesekanmakaserat-seratsintetisakanmengumpul sehingga mencegah melepasnya daribenang-benang dan serat-serat yang sebelah dalam dari taliitu.



Hal ini berarti bahwa sebelah dalam dari tali sintetis tidak akan berkurang kekuatannya.Selain itu gesekan-gesekan antara benang-benang, serat dan untai- untai dari tali-tali sintetis tidakseperti pada tali-tali yang terbuat dari serat-serat alam. Juga tali sintetis tidak mudah terbakar. Karenatitik-titik cairnya rendah maka ujung-ujung dari tali-tali serat buatan dapat disatukan denganmembakarnya sehingga untuk tali-tali kecil serat sintetis agar tidak terlepas ujung-ujungnya cukupdibakar dengan api saja dan tidak perlu diikat seperti tali-tali serat alam.Terylene tidak tahan terhadap

asam alkali

yangkuat.Tali-talidariseratbuatanbilamanaterkenaairkekuatannyatidakberubahnamun untuk tali-tali yang terbuat dari serat alam akan berkurangkekuatannya. Umpama untuk tali manilaakanberkurangkekuatannyamenjadi90%dantalihemp80%darikekuatannyamula- mul

No comments

Powered by Blogger.