Alat alat navigasi di atas kapal dan fungsi nya

 GyroCompass






Inidigunakanuntukmenemukanarah/haluanyangbenar.Tidaksepertikompasmagnetik, kompas gyro tidak terhambat oleh medan magnet luar. Ini digunakan untuk menemukan posisi utara yang benar, yang juga merupakan poros rotasi bumi untuk menyediakan sumber arah yang stabil. Sistem repeaternya harus ada platform kemudi untuk kemudi darurat.

Radar





Kapal laut bergantung pada S-band dan sistem radar frekuensi X-band untuk navigasi karena dapat mendeteksi target dan menampilkan informasi di layar seperti jarak kapal dari darat, benda mengambang (pulau, batu, gunung es dll. .), kapal lain, dan rintangan untuk menghindari tabrakan. Ini adalah antena berputar yang menemukan sekitar area kapal.

marine radar



KompasMagnetik

Kompas magnetik bekerja bersama dengan medan magnet bumi dan merupakan sarana penting alat penunjuk arah. Ini digunakan untuk mendapatkan haluan yang direncanakan untuksuatruvoyage.Peralatannavigasikapalinibiasanyadipasangdigaristengahkapaldi monkeyisland(diatasdeckanjungan).Kompastipetransmisimagnetikdipasangsehingga output dapat ditampilkan di panel anjungankapal.

AutoPilot

Tataletakanjungnkapaldipenuhidenganperalatandanalatyangdigunakanuntuknavigasi. Autopilot dianggap sebagai salah satu peralatan navigasi dianjungan paling efektif karena membantu perwira deck dalam mengendalikan kapal dengan menjaga kemudi tetap dalam autopilot,yangmemungkinkanmerekaberkonsentrasipadaaspekoperasiyangluas.

ARPA

Alat Bantu Radar Otomatis menampilkan posisi kapal dan kapal lain di sekitarnya. Radar menampilkanposisikapaldisekitarnyadanmemilihjaluruntukkapaldenganmenghindari segala jenistabrakan.


Peralatan navigasi ini secara konstan memantau sekeliling kapal dan secara otomatis memperoleh jumlah target, dalam hal ini; kapal, perahu, kapal yg diam atau benda apung dll., dan memplot kecepatan dan haluannya masing-masing. target Ini juga menghadirkan terget sebagai vektor pada layar tampilan dan terus-menerus memperbarui parameter dengan setiap putaran antena dengan menghitung titik pendekatan terdekat mereka untuk kapal sendiri dan juga waktu sebelum ini akan terjadi.

Automatic TrackingAid

SamasepertiARPA,automaticTrackingaidinimenampilkaninformasitentangtargetyang dilacak dalam bentuk grafik dan numerik untuk menghasilkan tata letak yang terencana untukhalauanyanglebihamandanterhindardaritabrakan.

Speed & Distance Log DevicePeralatan navigasi ini digunakan untuk mengukur kecepatandanjarakyangditempuholehkapaldarisetpointdenganmenghitungyang sama,ETAkapaldisesuaikanataudiberikankepadaagen/otoritaspelabuhan.



EchoSounder



AdabanyakalatnavigasikapalmodernhadirdikapaldanEchosounderadalahsalahsatu instrumen yang telah digunakan sejak hampir 100 tahun. Ini digunakan untuk mengukur kedalaman air laut di bawah bagian bawah kapal menggunakan gelombang suara yang bekerja berdasarkan prinsip transmisi gelombang suara dan pulsa audio yang akan memantuldarilapisanpemantul,kembalisebagaigemakesumbernya.



Electronic Chart Display InformationSystem

ECDIS adalah pengembangan dalam sistem peta navigasi yang digunakan di kapal angkatanlautdankapalniaga.Denganmenggunakanperalatannavigasielektronik, menjadilebihmudahbagiperwirakapaluntukmenentukanlokasi,danmendapatkan petunjuk arah lebih mudah darisebelumnya.

Automatic Identificationsystem

AIS juga merupakan salah satu dari jenis sistem navigasi yang membantu menentukan posisi dan statistik navigasi kapal lainnya. AIS menggunakan saluran radio VHF sebagai pemancar dan penerima untuk mengirim dan menerima pesan antar kapal yang berupaya memenuhi banyak tanggung jawab.


SesuaiperaturanyangdiberlakukanolehOrganisasiMaritimInternasional(IMO),semua kapal penumpang dan kapal komersial lebih dari 300 Gross Tonnage (GT) berlayar di internasionaluntukmembawatransponderAISKelasA.



Long Range Trackingand Identification (LRIT)System

LRIT adalah sistem pelacakan dan identifikasi internasional yang digabungkan oleh IMO di bawah konvensiSOLASuntukmemastikan sistem pelacakan menyeluruh untuk kapal 300 ton kotor dan di atasnya dalam pelayaran internasional di seluruhdunia.

Peralatan maritim ini dipasang untuk meningkatkan kesadaran domain maritime.

Rudder AngleIndicator

VDR atau perekam data pelayaran adalah instrumen penting di antara daftar peralatan navigasi kapal yang dipasang pada kapal untuk terus merekam informasi penting yang terkait dengan pengoperasian kapal. Ini berisi sistem rekaman suara untuk jangka waktu setidaknya12jamterakhir.Rekamaninididengarkandandigunakanuntukpenyelidikanjika terjadikecelakaan.PentingnyaVDRmiripdengan“kotakhitam”yangdipasangdipesawat.

Voyage Data Recorder

Rate of turnindicator

Alat navigasi ini menunjukkan seberapa cepat kapal berputar pada tingkat yang stabil (bergunaselamapilotagedanmanuver),biasanyaditunjukkanketikasejumlahderajat putarankapal.Tingkatperputarankapaldiukurdalamderajatpermenit.Alatpentingini membantu perwira kapala dalam menegemudikan kapal denganaman.

GPSReceiver

PenerimaGlobalPositioningSystem(GPS)adalahsistemdisplayyangdigunakanuntuk menunjukkanposisikapaldenganbantuanGlobalpositioningsatelitdiorbitbumi.

Dengan mencatat posisi kapal, kecepatan, haluan, dan waktu yang diambil untuk menutupi jarak antara “dua posisi yang ditandai” dapat dihitung.


Sound ReceptionSystem

Sistem akustik ini diperlukan untuk kapal dengan tipe Anjungan tertutup. Ini memungkinkan petugasnavigasididalamkabinuntukmendengarkansinyalsuara(sepertisulingkabutatau suling kapal) dari kapal lain di sekitarnya. Ini dipasang di konsol peralatan anjungan kapal dan membantu petugas navigasi untuk melakukan tugas pengawasan sesuai dengan Colreg 1972 atauP2TL.

NavigationalLights

Semua kapal (besar atau kecil) diwajibkan memiliki lampu navigasi sebagai bagian dari sistem navigasi. Sistem ini diperkenalkan pada tahun 1838 oleh Amerika Serikat dan kemudian diikuti oleh Inggris pada tahun 1849. Pada tahun 1889, Konferensi Maritim Internasional didirikan oleh Amerika Serikat untuk membuat pedoman yang tepat untuk mencegah kecelakaan laut. Pada tahun 1897, peraturan ini secara resmi diadopsi secara internasional. Lampu navigasi adalah salah satu peralatan navigasi paling penting yang diperlukanuntukberlayardilautlepaskarenamemungkinkankapalsendiriterlihatjelasoleh kapal lain disekitarnya.

ShipWhistle

Sulingkapaldikenalsebagaipeluit/klaksondanumumnyadisediakandalamduajenis.Satu dioperasikandenganmenggunkanangindanyanglainnyadioperasikansecaraelektrik.

Suling harus beroperasi secara manual dan elektrik dari anjungan. Di antara berbagai instrumen yang digunakan dalam navigasi yang sulit seperti cuaca buruk, kabut, jarak pandangyangburuk,lalulintastinggidll.,Sulingkapalmembantudalammenyiagakankapal

-kapal terdekat. Selama keadaan darurat, suling digunakan untuk memberi tahu dan mengingatkan awak kapal dan kapal lain di sekitarnya.

Daylight SignallingLamp

Adalah perangkat pensinyalan cahaya yang digunakan untuk pensinyalan darurat di siang hari (dan juga dapat digunakan pada malam hari). Seperti instrumen kapal darurat lainnya, sumber energi untuk lampu tidak semata-mata bergantung pada daya utama kapal. Selain itu, penutup lampu harus tahan cuaca dan material yang tahan air.

PilotCard

Ini adalah buklet informatif yang disediakan untuk pilot kapal, yang terdiri dari dimensi, draft, lingkaran putar, manuver, peralatan propulsi dan daftar alat dan instrumen navigasi kapal lainnya untuk manuver yang aman.

VoyagePlan

Voyage Plan harus ada di atas kapal untuk merujuk rencana voyage yang lalu atau


merencanakanvoyageayangakandatang.Diantaraberbagaibantuanuntuknavigasiyang dilakukan di kapal, voyage plan adalah alat bagi perwira dek untuk memastikan keselamatan kapal dari perspektif komersial dan hukum. Ini disiapkan dengan mengumpulkanberbagaiinformasiseperticuaca,meteorologi,datakargosaatinidanyang akan datang, data navigasi lainnya,dll.

ManoeuvringBooklet

Dalambukletini,kinerjapropulsimesindankapalselamabermanuverdicuacadansituasi yangberbedadicatatuntukreferensicepat.Adapunisidaribukletmanuveradalah:

Deskripsi umumKapal

Karakteristik manuver di lautdalam

Karakteristikberhentidankontrolkecepatandilautdalam

Karakteristik manuver di lautdangkal

Karakteristik manuver dalam kondisiangin

Karakteristik manuver pada kecepatanrendah

Informasitambahan

Black BallShape

Ini adalah bentuk pensinyalan siang hari yang digunakan untuk menentukan karakteristik kapal dengan susunan bentuk bola yang berbeda. misalnya sebuah kapal yang berlabuh jangkar akan menunjukkan bola hitam di ujung tiang forcastle dan sebuah kapal yang tidak terkendalikan(NotunderCommand)menunjukkanduabolahitamdalamgarisvertikalpada tiang tertinggi (tiang diatasanjungan)

ShipFlags

Berbagai jenis bendera kapal dengan warna dan rambu yang berbeda digunakan untuk menunjukkanposisikapalygbernavigasi.Benderasinyalmerekaumumnyadikenal,telah digunakansejakzamankunodanmasihdigunakandisemuakapal.


ship flag


No comments

Powered by Blogger.