Bagian bagian kapal

 


Bagian-bagian kapal yang penting ditunjukkan dalam gambar berikut, gambar ini tidak berbeda banyak dari kapal sungai.






Bagian-bagian kapal

Berdasarkan gambar, bagian-bagian utama kapal terdiri dari: 1: Cerobong; 2: Buritan; 3: Propeller; 4: Kulit kapal; 5: Jangkar; 6: Pemecah ombak (Bulbous Bow); 7: Haluan; 8: Geladakutama;9:Bangunanatas(Superstructure)dimanaditempatkananjungankapal, kabin untukawak.



Pada kapal penyeberangan Ro-ro masih dilengkapi dengan pintu rampa yang terletak pada haluan dan buritan kapal.



Secara umum pada prinsipnya kapal penyeberangan dan kapal perairan pedalaman dengan yang kapal yang digunakan dilaut memiliki karakteristik yang sama kecuali pada bagian tertentu di mana kapal penyeberangan dilengkapi dengan sistem pintu pendarat (ramp door) untuk naik turun penumpang dan kendaraan serta pola sandar pada dermaga yang menggunakan dermaga khusus untuk kapal penyeberangan.



Lambung Kapal



bentuk lambung kapal

Lambung kapal atau dalam bahasa Inggris disebut hull adalah badan dari perahu atau kapal. Lambung

kapal menyediakan daya apung (Bouyancy) yang mencegah kapal dari tenggelam yang dirancangagarsekecilmungkinmenimbulkangesekandenganair,khususnyauntukkapal dengan kecepatantinggi.



Rancang bangun lambung kapal merupakan hal yang penting dalam membuat kapal karena merupakan dasar perhitungan stabilitas kapal, besarnya tahanan kapal yang tentunya berdampak pada kecepatan kapal rancangan, konsumsi bahan bakar, besaran daya mesin


serta draft/ sarat kapal untuk menghitung kedalaman yang diperlukan dalam kaitannya dengankolampelabuhanyangakandisinggahisertakedalamanalurpelayaranyangdilalui oleh kapaltersebut.



Bentuk lambung

Lambung kapal dapat berbentuk:



Bentuklambung Keterangan Lambungdatar.jpg

Kapal lambung datar

Kapal dengan lambung datar ini merupakan kapal yang bisa digunakan pada perairan tenang.Biasanyadigunakanuntukkapaldengankecepatanrendah.Banyakdigunakan untuk kapal tangker, tongkang Draft kapal biasanya lebih kecil. Untuk meningkatkan stabilitas biasanya titik berat kapalditurunkan



Lambungkatamaran.jpg Katamaran

Kapaldenganbeberapalambunginimempunyaikestabilanyang tinggi, namun gelombang yang ditimbulkan lebih kecil sehingga merupakan kapal yang sesuai untuk dioperasikan di sungai, tetapi diperairan yang bergelombang dampaknya terhadap goyangan di kapaltinggi.



Lambungv.jpg Lambung V

Merupakan kapal dengan lambung lancip seperti huruf V yang

mempunyai hambatan yang kecil sehingga lebih hemat dalam penggunaan bahan bakar. Kapal yang demikian biasanya digunakan untuk kapal kecepatan tinggi.



Lambungterowongan.jpg




Lambung terowongan

Lambung seperti ini dimaksudkan untuk mengurangi gesekan, berbeda dengan katamaran karena sudut bagian dalam lancip sehingga mempermudah manuver kapal.



Lambungponton.jpg Kapal ponton

Kapalyangdibangundiatasponton,kapalsepertiinisangatstabil,dandapatdijalankan dengan mudah menggunakan mesin tempel atau ditarik dengan kabel untuk penyeberangansungai.Tidakefisienbiladihunakanuntukpelayaranjarakjauh.



Desain lambung mempengaruhi kecepatan, semakin streamline semakin cepat. Demikian juga dalam hal penggunaan energi. Tetapi di lain pihak, muatan yang bisa diangkut akan lebihrendah,sehinggakapalbarang,tangkerakanlebihsesuaiuntukmenggunakanbentuk lambung didatar.



Perbandingan lambung datar dengan lambung V Sunting Keuntungan Bentuk Lambung datar

Pada lambung datar, stabilitas relatif lebih baik karena pada bentuk datar mempunyai momenkopellebihbesarpadasudutolengyangsamajikadibandingkandenganbentukV.

Pada lambung datar, daya muat lebih besar oleh karena coefisient block (Cb) lebih besar.

Bentuklambungdatardiperolehnilaiperiodeolenglebihbaikkarenanilaimomeninersia massatotalkapallebihbesardaribentukV.

Untukdayamuatyangsama,lambungdatardraftlebihrendahdarilambungberbentukV sehingga dapat berlayar di shallowwater.

Keuntungan Bentuk Lambung V

PadalambungberbentukVuntukkecepatanrancanganyangsama,diperolehbesarandaya mesinyanglebihkecildaribentuklambungdatar.

BentuklambungV,kemampuanseakeepingdanmanouveringkapallebihbaikdaribentuk lambung datar oleh karena bentuk lambung yangramping.

Kebutuhan bahan bakar untuk kecepatan mesin yang sama lebih rendah dari bentuk


lambungVolehkarenanilaitahanankekentalan(viscousresistance)lebihkecildaribentuk lambungdatar.

Namun mempunyai tahanan gelombang (wave resistance) yang lebih besar karena mempunyai lebar yang lebih pada garis air muat.

Kulitkapal Sunting

Kulit kapal merupakan permukaan kapal yang terbuat[1] dari plat– plat baja, kayu atau aluminiumyangdisambungmenjadilajuryangterdapatpadabadankapalbiasadisebut dengankulitkapalataudisebutjugashipshell.Kegunaankulitkapal:



Untuk memberikan kekuatan struktur membujur kapal. Menerima beban dari kapal dan muatannya.

Merupakan penutup kedap air dari dasar hingga bagian atas kapal.

Lajurkulitkapaldiberinamadenganabjada,b,c,ddanseterusnyamulaidenganlajurdasar. Sambunganplatdiberinamadenganangka1,2,3danseterusnyadaridepankebelakang.

Bahan moderen yang kerap digunakan dalam pembuatan kapal kecil yang banyak ditemukan dalam pelayaran pedalaman adalah serat kaca[2] atau yang dikenal sebagai fiber-glass, yang proses pembuatannya tidak sulit, tetapi dibutuhkan cetakan kulit lambung kapal.



Sekat Tubrukan

PadakapalsekatTubrukaniniditentukanletaknyayaitu5%daripanjangkapalpadagarisair dihitungdarihaluankapal.Padakapalpanjangditambah10”(feet).



Kegunaan Sunting

Sekat Tubrukan memiliki berbagai kegunaan yaitu:



Mencegah kebocoran.

Memperkuat melintang kapal setempat.

Jika terjadi kebocoran pada kapal, maka kapal dapat berlayar pelan-pelan dengan


menggunakan sekatTubrukan. Ketentuan Sunting

Beberapa hal yang perlu diperhatikan kaitannya dengan sekat Tubrukan adalah:



Sekat Tubrukan ini harus lebih tebal dari pada sekat kedap air lainnya.

BataspenguatharusditaruhpadabagianmukasekatTubrukanmasing-masingberjarak 24”.

Bajasikudipasangpadabagiansekatpelanggaran. SekatBelakang Sunting

Padasekatbelakangpadabagianlobangbaling-balingharusditambahplatyanglebihtebal 22 mm untuk menahan getaran baling-baling. Bagi penguat yang terletak di bagian belakang kapal, masing-masing berjarak 24” dan baja siku keliling diletakkan pada bagian mukakapal.



Lunas Sunting

Lunasadalahbagianterbawahdarikapal,lunasterdiridariberbagaijenisyaitulunasdasar, lunas tegak dan lunas lambung. Lunas dasar merupakan lajur kapal pada dasar yang tebalnya +/- 35 % dari pada kulit kapal lainnya. Sedangkan lunas tegak ialah lunas yang tegak sepanjang kapal , tebalnya 5/8 lebih besar daripada lunas dasar pada 4/10 bagian lunas tegak di tengah– tengah kapal. Kapal besar pada umumya memiliki lunas lambung yangberfungsiuntukmelindungikapalbilakandas.Lunaslambunginibiasanyaterdapat1/4

- 1/3 dari panjang kapal pada bagian tengah yang berfungsi juga untuk mengurangi olengan kapal.



Anjungan



Anjungan kapal sungai

Anjungan (bridge) adalah ruang komando kapal di mana ditempatkan roda kemudi kapal, peralatan navigasi untuk menentukan posisi kapal berada dan biasanya terdapat juga kamar nakhoda dan kamar radio.



Anjunganbiasanyaditempatkanpadaposisiyangmempunyaijarakpandangyangbaikke segalaarah.



Perlengkapan anjungan

Alat-alat yang melengkapi anjungan modern antara lain:



Roda kemudi, Radar

GlobalPositioningSateliteataudikenalsebagaiGPS, Radiokomuniasi

Perangkat komando ruang mesin Kompas

Teropong Geladak

Geladak dalam bahasa Inggrisnya deck adalah lantai kapal. Nama– nama geladak ini tergantungdaribanyaknyageladakyangadadikapaltersebut.Padaumumnyageladak yang berada di bawah dinamakan geladak dasar sedangkan geladak yang di atas dinamakangeladakatasataugeladakutama(maindeck).Bilaantarageladakdasardan geladakatasterdapatgeladaklagi,makageladaktersebutdinamakangeladakantara.



Konstruksi geladak Geladak besi

Kapal-kapal besi umumnya menggunakan geladak yang terbuat dari plat baja, yang dilas satu dengan yang lainnya dari kedua arah (atas dan bawah). Plat baja ini bertumpu pada gading-gading (kerangka) kapal. Pada kapal Ro-ro/penyeberangan geladak kendaraan harus mampu untuk menahan beban kendaraan beserta muatannya.



Geladak kayu


Geladakterbuatdaripapankayuyangtahanterhadapairlautyangdisusunberdampingan dan bertumpu ke gading-gading kapal. Untuk membuat geladak kedap terhadap air,celah di antara papan yang digunakan diisi dengan serat tahan air dan diikat/direkatkan dengan taratauresin.Geladakkayudigunakanpadakapal-kapalpinisi,yachataukapalkayu.



Geladak serat kaca

Bahanmodernyangbanyakdigunakanpadakapal-kapalkeciladalahgeladakyangterbuat darikacaseratatauyangdikenalfiberglassyangmudahdibuatdanringan.Seratkacajuga digunakanuntukmelapisgeladakkayuagarlebihkedapairsertatahanlebihlama.



Gading

Merupakan rangka dari kapal di mana kulit– kulit kapal diletakkan. Nama dari gading disesuaikan dengan tempatnya. Gading yang terletak di sekitar haluan disebut gading haluan.Gadingyangterletakpadatempatyangterlebardarikapaldisebutgadingbesar sementara gading yang terletak di sarung poros baling– baling disebut gading kancing. Gading–gadinginimempunyaijarakantarasatudanlainnyakira–kira21–37incisesuai denganukurankapaldandiberinomorurutmulainolyangdimulaidaribelakang.



Lajur Geladak

Bagianinibiasanyaterbuatdarikayuyangmelapisigeladakbaja.Untukitukayulajur geladak ini harus memenuhi kriteriaberikut:



Cukup keras, tahan lama, dan daya serap air harus sekecil mungkin.

Dalamperubahansuhu,perubahankembangdanmenyusutharussekecilnya. Tidak mengandung bahan kimia yang merusakbaja.

Harus cukup kering.

Harus bersih dari serat-serat licin.

UntukitulahmakalapisaninibiasanyaterbuatdaribahankayuteaksejenisJati(diIndonesia) dan atau kayuCemara.

No comments

Powered by Blogger.